AGAR BELAJAR-MENGAJAR OPTIMAL
- Berikan senyuman khas
- Lahirkan antusiasme (buat yel-yel/ game)
- Ciptakan konsentrasi
- Hadirkan suasana menyenangkan (BCM)
- Kenali latar belakang siswa (keluarga, gol. darah, IQ, dll.)
- Libatkan vak (visual, auditorial, kinestetik)
UNSUR-UNSUR MANAJEMEN
- Man (orang/ pelaksana)
- Money (keuangan)
- Machines (perlengkapan/ peralatan kerja)
- Method (cara mengajarkan)
- Material (sarana/ pra sarana)
- Market (media pemasaran/ sosialisasi)
FUNGSI MANAGEMENT
- Planning (perencanaan) ; Apa tujuan & sasarannya, bagaimana KBM.nya, fasilitas, tata tertib, berapa lama waktunya
- Organizing (pengorganisasian); Siapa pelaksananya, struktur, tugas, wewenang dan tanggung jawabnya
- Actuating (penggerakan); Motivasi/ dorongan (bekerja & beramal)
- Controling (pengawasan/ supervisi); Arahan, bimbingan dan pembinaan
MANAJEMEN TKA-TPA
q HOW TO MANAG : Mengatur, mengurus, mengelola.
q MANAGEMENT : Kemampuan/ ketrampilan mendayagunakan orang/ sarana dalam organisasi
untuk memperoleh hasil sesuai tujuan yang telah ditetapkan.
TARGET KEBERHASILAN KEGIATAN TKA-TPA
1. TARGET POKOK
TKA (usia 4-7 th)
|
TPA (usia 7-12 th)
|
q Santri mampu dan gemar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
q Hafal bacaan sholat dan mengamalkannya
q Hafal 10 doa sehari2 dan mengamalkannya
q Hafal 13 surat pendek
q Memiliki dasar Aqidah dan akhlaqul karimah
|
q Santri mampu dan gemar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
q Hafal bacaan sholat dan mengamalkannya
q Hafal 10 doa sehari2 dan mengamalkannya
q Hafal 13 surat pendek
q Memiliki dasar Aqidah dan akhlaqul karimah
|
2. TARGET PENUNJANG
TKA (usia 4-7 th)
|
TPA (usia 7-12 th)
|
q Santri mampu mampu menulis huruf Al-Qur’an
q Hafal 2 kelompok Ayat pilihan
q Mengenal bahasa Arab tingkat dasar
q Mengenal BCMI
|
q Santri mampu mampu menulis huruf Al-Qur’an
q Hafal 2 kelompok Ayat pilihan
q Mengenal bahasa Arab tingkat dasar
q Mengenal BCMI
|
MASA DAN WAKTU PENDIDIKAN
- Waktu belajar sore/ pagi (kondisional)
- Belajar 5 hari dalam seminggu
- 1 tahun dibagi 2 semester
- Wisuda
DANA DAN BIAYA
- Dari uang pangkal
- Dari uang infaq bulanan
- Dari donatur (Memiliki dewan penyantun sebagai penyokong dana)
SARANA DAN FASILITAS
- Meubeler
- Buku-buku
- Blanko dan kartu-kartu
- Media Pembelajaran/ Alat peraga
CONTOH TATIB USTADZ/AH
- Pakaian seragam/ berbusana muslim/ muslimah
- Datang 10 menit sebelum jam belajar dimulai
- Melaksanakan tugas sebaik-baiknya dengan penuh kesadaran, keikhlasan dan tanggung jawab
- Pada saat mengajar guru harus mengisi kartu prestasi santri
- Setelah jam pelajaran berakhir guru bersama kepala sekolah melakukan:
a. Evaluasi PBM
b. Menyusun program kerja harian
c. Tadarus bersama
d. Setiap akhir minggu membuat program kerja mingguan
Setiap akhir bulan kepala sekolah dan guru melaksanakan:
a. Evaluasi PBM selama satu bulan
b. Menyusun program kerja untuk bulan berikutnya
CONTOH TATIB SANTRI
Telah atau sedang belajar di TK pagi
Pakaian seragam sesuai dengan ketetapan pusat
Datang 10 menit sebelum jam pelajaran dimulai
Tidak boleh diantar orang tua/ wali santri sampai di dalam kelas
Selama jam sekolah berlangsung, santri harus berada dalam lingkungan sekolah, kecuali atas izin
Membawa perlengkapan untuk belajar
CONTOH PERENCANAAN KELAS
Membuat rencana kegiatan sekolah selama satu tahun, minimal satu semester
Menyusun program bulanan, mingguan dan harian
Penjelasan tata tertib, fasilitas pendidikan serta perlengkapan santri
Pertemuan dengan wali santri untuk menjelaskan hal ikhwal TK Al Qur'an
Membentuk POS dan menyusun program kerja
CONTOH KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Membuat persiapan mengajar bulanan, mingguan dan harian
Menggunakan metode yang tepat sesuai GBPP
Mendorong agar santri mencapai prestasi optimal
Mengevaluasi hasil belajar, santri baru boleh naik jilid berikutnya setelah lulus test kepsek
Santri dianggap tamat TKA/ TPA jika telah menguasai seluruh program lewat ujian Munaqosyah
CONTOH PENGELOLAAN PENGAJARAN (pembagian alokasi waktu belajar)
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE
|
15’
|
Doa pembuka, ikrar santri, Hafalan, dll.
|
Klasikal
|
30’
|
Mengaji (Jilid/Al Qur’an)
|
Klasikal/Privat
|
15’
|
Hafalan, sholat dan BCM
|
klasikal
|
MUNAQOSYAH DAN WISUDA
Wisuda adalah upacara kelulusan bagi santri yang belajar di TK/ TP Al Qur’an
Santri yang telah mencapai target kurikulum bisa mengikuti ujian/ munaqosyah. Pengujinya adalah tim munaqosyah dari LPPTKA BKPRMI
Keputusan lulus diumumkan secara terbuka lewat yudisium, dan kepadanya diberi hak mengikuti Wisuda guna memperoleh ijazah
Bagi yang lulus munaqosyah boleh mengikuti wisuda
Pengalungan samir bagi para wisudawan yang dilakukan oleh direktur Nasional atau direktur wilayah LPPTKA BKPRMI
PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN KELAS
APA YANG PERLU DIFAHAMI
- Konsep dasar belajar
- Bagaimana kita belajar
- Filosofi anak
- Tugas-tugas perkembangan anak
- Cara anak belajar
- Paradigma pembelajaran
KIAT MUDAH MENGAJAR MEMBACA AL-QUR’AN
Ciptakan “Kondisi” yang Benar
a. Bersihkan hati dengan menata niat
b. Menata lingkungan
c. Ciptakan suasana positif bagi guru dan murid
d. Tentukan hasil dan sasaran
e. Visualisasikan tujuan anda
Presentasi yang Optimal
a. Dapatkan gambar menyeluruh dulu
b. Gunakan konser musik (aplikasi lagu Rost)
c. Gunakan semua gaya belajar, semua ragam kecerdasan dan semua panca indra. (Aplikasi BCM)
d. Gunakan seluruh dunia sebagai ruang kelas. (belajar tidak harus dikelas)
e. Ekspresikan. (guru memberikan contoh dengan semangat dan penuh ekspresi)
f. Praktekkan (ubah murid menjadi guru)
Tinjau, Evaluasi, dan Rayakan
a. Meninjau ulang hasil belajar (HB) anak setiap dua pekan
b. Mengevaluasi hasil belajar (HB) pada tengah dan akhir pembelajaran
c. Memberikan motivasi dengan merayakan keberhasilan kenaikan jilid
0 komentar:
Posting Komentar